Srikandi Demokrat Pembina UMKM


Lasmi Indaryani, S.E., S.T. (Anggota DPR-RI; Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Periode 2020-2025)

Lasmi Indaryani SE ST lahir pada tanggal 23 April 1983 di Banjarnegara. Putri sulung dari mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan Ibu Marwi ini bersuamikan I Putu Doddy. Sedangkan sang adik bernama dr. Amalia Desiana.

Adapun sang kakek yaitu Soegeng Boedhiarto adalah veteran pejuang kemerdekaan RI yang juga turut membentuk Corps Polisi Militer Djawa (CPMD) cikal Bakal CPM.

Masa sekolah Lasmi diisi dengan aktif di berbagai organisasi sekolah seperti OSIS, PMR dan Perguruan Silat Merpati Putih. Adapun masa kuliahnya diselingi dengan kesibukannya merintis beberapa bisnis UMKM.

Setelah lulus kuliah, Lasmi pun mulai diberi kepercayaan untuk ikut mengelola bisnis keluarga.

Menjadi Whisteblower Mafia Bola


Di sela mengurus keluarga dan bisnis, waktu luang Lasmi digunakan untuk aktif di berbagai kegiatan sosial dan olahraga. Utamanya di sepakbola.

Pada tahun 2017 Lasmi didapuk menjadi manajer Persibara Banjarnegara yang berlaga di Liga 3.

Lasmi juga sempat dipercaya sebagai Manajer Timnas Sepakbola Putri U-16 yang berlaga di ajang Piala Asia di Kyrgistan.

Namun minimnya pengalaman sebagai manajer tim sepakbola membuat Lasmi menjadi sasaran empuk oknum mafia bola sehingga Lasmi pun sempat terbujuk muslihat oknum tersebut.


Sadar akan muslihat oknum tersebut, Lasmi pun memberanikan diri untuk menjadi pelapor kegiatan mafia bola tersebut.

Laporan Lasmi membuat geger dunia persepakbolaan nasional, bahkan Polri pun membentuk Satgas Anti Mafia Bola untuk mengusut kasus ini.

Langkah Lasmi membuahkan hasil. oknum mafia bola yang terlibat dihukum. PSSI melakukan evaluasi internal dan Satgas Anti Mafia Bola pun berhasil mengembangkan kasus hingga ke tingkat PSSI pusat

Meniti Karier Politik


Persinggungan Lasmi dengan dunia politik bermula di tahun 2018 ketika DPP Partai Demokrat menugaskan Lasmi bertarung di Dapil Jateng 7 yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga pada Pileg 2019.

Alm Pramono Edhie Wibowo yang saat itu menjabat sebagai Pit Ketua DPD Demokrat Jawa Tengah adalah sosok yang pertama memberi tugas sekaligus memotivasi Lasmi untuk maju sebagai calon anggota DPR-RI

Kepercayaan partai dijawab tuntas. Lasmi Indaryani meraih 111.365 suara atau meraih peringkat kedua terbesar di dapilnya. Lasmi Indaryani pun melangkah mulus sebagai Anggota DPR-RI di Senayan, Jakarta.


Sebagai pendatang baru di Pileg 2019 untuk DPR-RI, capaian Lasmi Indaryani tergolong luar biasa. Padahal di dapil tersebut ada nama-nama besar seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Utut Adianto, Mantan Wagub Jateng Heru Soedjatmoko, dan Taufiq R. Abdullah (suami Menaker Ida Fauziah) yang juga lolos ke Senayan.

Wajarlah jika perebutan 7 kursi DPR-RI di Dapil Jateng VII  (meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah) dijuluki sebagai "pertarungan di Dapil Neraka".

Setelah dilantik sebagai Anggota DPR-RI, Lasmi ditugaskan di Komisi V dan BKSAP. Selain itu Lasmi juga dipercaya oleh partai untuk menjadi Bendahara Fraksi Partai Demokrat DPR-RI. Suatu hal yang di luar dugaan bagi seorang pendatang baru.


Kiprah Lasmi di Komisi V cukup terlihat, Lasmi rajin mengkritisi kebijakan Kemenhub yang kurang sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 ini. Lasmi juga aktif menyampaikan aspirasi yang berkaitan dengan dapilnya seperti Bandara Wirasaba, Jalur Kereta Purwokerto-Wonosobo serta Jalur Jawa Lintas Selatan (JJLS).

Selain aktif di Fraksi Partai Demokrat dan Komisi V, Lasmi juga aktif di Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) dan Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI).

Pejuang UMKM


Program BINA UMKM Partai Demokrat bak gayung bersambut bagi Lasmi. Sebagai Pelaku UMKM semenjak kuliah. Lasmi menjadikan Sektor UMKM sebagai salah satu perhatian utamanya. Kegiatan resesnya banyak digunakan untuk kegiatan pelatihan UMKM.

Perhatian Lasmi mulai menuai hasil. Beberapa binaannya mulai mendunia, seperti Penyulingan minyak atsiri yang sudah ekspor ke Prancis dan perajin kopi yang produknya diminati pasar mancanegara. Lasmi meyakini Gerakan Nasional Partai Demokrat Bina UMKM yang digalakkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan berefek positif bagi partai dan bagi masyarakat sebagai penerima manfaat.


Lasmi juga berharap kepengurusan DPP Partai Demokrat yang dikomandani pemuda dan dibantu mayoritas pengurus yang juga masih berusia muda akan menghasilkan strategi-strategi yang up to date dan selaras dengan kemajuan teknologi.

Pada Kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2020-2025, yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Lasmi Indaryani dipercaya sebagai Wakil Bendahara Umum.***

(Sumber: Wawancara dan Demokrat Newsletter terbitan DPP Partai Demokrat)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani