Harga Tiket Jakarta-Papua Melebihi ke Eropa


Oleh: Willem Wandik S. Sos (Anggota DPR-RI Dapil Papua; Wakil Ketua Umum Partai Demokrat; Plt. Ketua Partai Demokrat Provinsi Papua; Ketua Umum DPP GAMKI)

Wajarlah jika masyarakat, khususnya masyarakat Papua, mengeluhkan mahalnya harga tiket pesawat tujuan Jakarta-Papua atau sebaliknya Papua-Jakarta.

Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Papua (baik ke Jayapura ataupun Timika) lebih mahal dibanding harga tiket dari Jakarta ke Eropa. Begitu juga sebaliknya. Lebih mahal harga tiket dari Papua ke Jakarta dibandingkan harga tiket dari Eropa ke Jakarta.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harusnya memahami tiket pesawat dari Jakarta tujuan Eropa tidak sampai Rp 15 juta. Namun harga tiket Jakarta-Papua mencapai Rp 20 juta lebih. 

Tentu harga tiket semahal itu mempengaruhi cost dan inflasi hampir di seluruh Papua.

Apalagi waktu mudik Natal atau Lebaran, kenaikan harga tiket sangat luar biasa. Kenaikan harga tiket sangat "mencekik" rakyat Papua. 

Harga tiket yang teramat mahal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian di Papua. 

Berapa pun uang yang dikirim ke Papua, pasti nilainya jadi sangat berkurang. 

Tapi selalu para petinggi negara di Jakarta merasa, "Wah, kita sudah mengirim uang yang banyak ke Papua".

Melihat harga tiket yang luar biasa mahal, dari dan menuju Papua, saya mensinyalir, hingga saat ini, luar biasa permainan harga tiket pesawat seluruh maskapai penerbangan.

Tentu saya dan masyarakat Papua tidak memahami, apakah harga tiket semahal ini ditentukan atau kerjasama dengan Kementerian Perhubungan?

Saya hanya berharap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bisa menurunkan harga tiket dari dan menuju Papua.

Janganlah harga tiket penerbangan ke Papua lebih mahal daripada ke Eropa.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani