Berpolitik untuk Mengabdi kepada Bangsa


Profil Letkol Inf (Purn) Sigit Raditya MIS MA (Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat)

Letnan Kolonel Infantri (Purn) Sigit Raditya, M.I.S., M.A. lahir di Tegal pada 16 Mei 1979. Ia merupakan fungsionaris Partai Demokrat yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025.

Sigit Raditya tumbuh dan besar di Kota Tegal, Jawa Tengah. Pria yang akrab disapa Sigit ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ia memiliki istri bernama Farah Astuti Zein serta memiliki 2 (dua) putra.

Sigit merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang pada tahun 1997.


Selulus SMA, Sigit melanjutkan jenjang pendidikannya ke ROTC Norwich University, Amerika Serikat dan lulus di tahun 2000.

Di tahun tersebut juga ia lulus sebagai Bachelor of Computer Information System and Corps of Cadet di Norwich University, Amerika Serikat.

Di Tahun 2005, saat masih bertugas di Yonif 613/Raja Alam, Sigit mengikuti Sekolah Infanteri di Singleton, Australia.

Di tahun 2006-2007, ia turut ikut serta dalam Kontingen Garuda 23 A dengan Misi Perdamaian PBB di Lebanon.


Di tahun 2009, ia kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister dan lulus sebagai Master of International Studies dari University of Wollongong, Australia.

Setelah menyelesaikan tugas di Sekretariat Militer Presiden antara tahun 2012-2014, Sigit mendapat amanah untuk menjadi Wakil Komandan Yonif 202/Tajimalela Kodam Jaya yang berkedudukan di Kota Bekasi.

Pada tahun 2015 hingga 2016, Sigit mengikuti Pendidikan di Command and General Staff College (CGSC), Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat.

Di negara itu pula, di tahun 2016, Sigit Raditya memperoleh gelar magister kedua. Ia meraih gelar Master of Arts dari Webster University Forth Leavenworth, Kansas.


Di periode 2018-2019, Sigit menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam Subang

Pada tahun 2019, Sigit Raditya memutuskan untuk pensiun dini dari dunia militer yang sudah digelutinya selama 19 tahun sejak di Akademi Militer. Ia ingin mengabdi kepada bangsa dan negara melalui wadah yang lebih luas yaitu dengan terjun ke dunia politik.

Sejak memutuskan untuk pensiun dini, Sigit bergabung dengan AHY Command Center sebagai Kepala Deputi Administrasi di bawah komando Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada Maret 2020, Partai Demokrat mengadakan Kongres ke-5 dan secara aklamasi memilih AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat masa bakti 2020-2025.


Setelah terpilih, AHY memberikan amanah pada Letkol Inf. (Purn) Sigit Raditya sebagai Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat. Tugas tersebut mulai dijalankan Sigit Raditya sejak 15 April 2020.

Menjelang digelarnya Pemilu Serentak 2024, Sigit Raditya memutuskan maju sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR-RI dari Dapil VI Jabar (meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok).

Sigit yang bersemboyan "Bersama Rakyat, Kita Bisa", maju ke Pemilu Legislatif 2024 karena ingin mengabdikan ilmu dan pengalamannya bagi kesejahteraan masyarakat.

(Wikipedia/Wawancara)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani