Bambang Purwanto, Wakil Rakyat yang Sederhana dan Seteguh Karang

Anggota DPR-RI Bambang Purwanto SST MH

Bambang Purwanto, S.ST., M.H. adalah Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat. Ia terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bambang Purwanto, yang akrab disapa Pakdhe, dilahirkan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, 20 Januari 1955.

Sebagai anak desa, Bambang Purwanto tumbuh dan besar dengan nilai-nilai keagamaan serta kebudayaan yang kuat. Orang tuanya selalu mengajarkan pentingnya sikap jujur dan amanah. Nilai-nilai itulah yang kini membimbing dan membentuk sifat dan karakter Bambang Purwanto hingga saat ini.

Bambang Purwanto mengawali pendidikan di SD Negeri 6, Desa Kedungbendo, Arjosari, Pacitan. Ia lulus tahun 1968. 

Selanjutnya Bambang Purwanto menempuh pendidikan di Sekolah Teknologi Negeri I Pacitan. Ia lulus tahun 1971.

Bambang Purwanto meneruskan pendidikan di  STM Taman Siswa Taman Karyamadya Teknik, Pacitan. Ia menyelesaikan pendidikan tahun 1974.

Bambang Purwanto kemudian berkarier sebagai abdi negara di Departemen Transmigrasi (kini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anggota DPR-RI Bambang Purwanto 

Lantaran prestasinya dalam bekerja, Bambang Purwanto ditugaskan Departemen Transmigrasi untuk kuliah S1, Ilmu Transmigrasi di Universitas Gadjah Mada. Tugas belajar tersebut diselesaikan Bambang Purwanto dengan baik dan ia berhak mendapatkan gelar S.ST. Trans (Sarjana Sains Terapan Transmigrasi) dari UGM di tahun 1990.

Kelak, Bambang Purwanto melanjutkan pendidikan Pascasarjana dengan menimba ilmu hukum di Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. Ia diwisuda dan berhak atas gelar Magister Hukum (M.H.) pada tahun 2013.

Kembali ke perjalanan kariernya. Setelah menyelesaikan pendidikan di UGM, Bambang Purwanto ditugaskan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Ka. UPT (Kepala Unit Permukiman Transmigrasi) di tahun 1992.

Pada tahun 1994, Bambang Purwanto meraih prestasi luar biasa. Ia menjadi Juara Pertama Ka. UPT Teladan Nasional. Ia menerima penghargaan tersebut langsung dari Presiden RI ke-2 Soeharto di Istana Negara pada Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Agustus 1994.

Sederet penghargaan kemudian disematkan padanya. Antara lain: Teladan Harapan III, Satyalancana Karya Satya X tahun 2006, Satyalancana Karya Satya X tahun 2015, serta Tokoh Peduli Daerah dari Teropong Parlemen Award tahun 2021.

Pada tahun 1999, Bambang Purwanto diangkat menjadi Kepala Seksi Dinas Nakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat.

Tahun 2002, Bambang Purwanto diangkat menjadi Ka Subdin Dinas Nakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat.

Anggota DPR-RI Bambang Purwanto yang juga ahli transmigrasi sangat memahami pertanian dan tak canggung turun ke sawah bersama masyarakat 

Tahun 2008, ia dipercaya sebagai Sekretaris Dinas Nakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat.

Setahun kemudian, Bambang Purwanto diangkat sebagai Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat.

Di tengah perjalanan kariernya yang cukup cemerlang, Bambang Purwanto memutuskan untuk mundur dari pegawai negeri dan terjun ke politik.

Pilihannya tepat. Ia kemudian terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat di tahun 2012. Bambang Purwanto mendampingi Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Ujang Iskandar.

Di tahun 2015,  Ujang Iskandar mundur dari posisi Bupati Kotawaringin Barat. Secara otomatis, Bambang Purwanto pun diangkat sebagai Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat.

Menjelang Pemilu Legislatif di 2019, Bambang Purwanto memutuskan untuk maju sebagai Calon Anggota DPR-RI.

Anggota DPR-RI Bambang Purwanto kerap membonceng sepeda motor untuk mengunjungi masyarakat di dapilnya di Kalimantan Tengah 

Berbekal pengalaman sebagai PNS dan Wakil Bupati serta Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto tentu sangat mengenal masyarakat dan wilayah Kalteng. Ia pun dipercaya masyarakat untuk mewakili mereka di DPR-RI.

Partai Demokrat menugaskan Bambang Purwanto untuk duduk di Komisi IV yang mempunyai ruang lingkup tugas di bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Bidang yang tentu sangat dikuasai Bambang Purwanto, mengingat pendidikan dan pengalaman kerjanya.

Sementara di struktur Partai Demokrat, Bambang Purwanto dipercaya sebagai Ketua Partai Demokrat Kabupaten Kotawaringin Barat.

Hal lain yang menarik dari Bambang Purwanto adalah kesederhanaannya. Bambang Purwanto kerap mengajak masyarakat agar tidak terjebak dalam gaya hidup bermewah-mewahan dan berlebihan serta berperilaku konsumtif.

Baginya hal terpenting dalam kehidupan adalah tercukupinya pangan, sandang, dan papan. Jika semuanya sudah ada maka kehidupan damai sudah bisa dirasakan.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Bambang Purwanto kembali maju sebagai calon Anggota DPR-RI dari Dapil Kalteng. 

Sejatinya Bambang Purwanto telah menyiapkan diri sejak ia terpilih sebagai Anggota DPR-RI pada tahun 2019. 

Anggota DPR-RI Bambang Purwanto selalu memberikan bantuan kepada masyarakat dalam setiap kunjungan kerja di dapilnya di Kalimantan Tengah 

Ia menegaskan, sejak mendapat kepercayaan rakyat sebagai Anggota DPR-RI maka menjadi kewajibannya untuk menjadi teladan dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Siapa pun diberikan kepercayaan oleh rakyat tetapi tidak mempedulikan rakyat sesungguhnya sudah melakukan pengkhianatan terbesar.

Atas pandangannya tersebut, tak heran jika Bambang Purwanto terus berupaya keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai cara. 

Bambang Purwanto adalah sosok yang kritis dan aspiratif. Ia juga dikenal berjiwa solutif dan inovatif.

Tak heran jika Bambang Purwanto kerap memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) modern gratis kepada warga, termasuk traktor tangan hingga traktor roda empat, combine harvester (alat pertanian dengan 3 fungsi yaitu alat panen, perontok padi dan pembajak sawah), serta beragam alsintan modern lainnya ke berbagai wilayah Kalimantan Tengah.

Bambang Purwanto juga sering menyalurkan bantuan ternak kepada masyarakat semisal sapi, kambing, ayam sekaligus pengadaan UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik). Banyak pula bantuan pemberian bibit buah-buahan berkualitas yang diberikan kepada masyarakat. Keseluruhan bantuan tersebut diberikannya secara gratis.

Bambang Purwanto berharap bantuan itu bisa mendorong masyarat khususnya generasi muda untuk mencintai profesi petani dan peternak sekaligus mewujudkan ketahanan pangan di negeri ini.

Ia juga kerap memfasilitasi berbagai pelatihan dan bimbingan teknis bagi para petani, peternak, juga generasi muda agar bergerak di sektor agribisnis.

Anggota DPR-RI Bambang Purwanto selalu memberikan bantuan kepada masyarakat dalam setiap kunjungan kerja di dapilnya di Kalimantan Tengah 

Bambang Purwanto dikenal sebagai sosok yang anti-politik uang atau money politics. Baginya, money politics akan menghancurkan sistem demokrasi dan kepercayaan masyarakat pada proses politik. 

Bambang Purwanto menegaskan seorang politisi harus fokus pada ide, program, dan solusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat. Politisi harus punya integritas tinggi dan berorientasi pada kepentingan rakyat.

Jika Bambang Purwanto terlihat begitu tegar sebagai politisi yang anti money politics itu semua karena Bambang Purwanto yang dilahirkan di wilayah pesisir pantai selatan (di Kabupaten Pacitan) selalu mendalami filosofi agar bersemangat dan bersikap sekuat batu karang. Bambang Purwanto senantiasa kagum melihat batu-batu karang yang teguh berdiri sekalipun digempur ombak. Ia juga berusaha untuk mampu memiliki sifat seperti ombak lautan yang lentur tetapi terus bergerak, tak pernah kenal lelah dan menyerah.

Tak heran jika Bambang Purwanto selalu mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, bersemangat dan bersikap sekuat batu karang serta berjiwa lentur seperti ombak lautan.

Didasari filosofinya tersebut, Bambang Purwanto kembali maju menjadi calon Anggota DPR-RI semata untuk mengabdi kepada rakyat.

"Saya kembali maju sebagai Calon Anggota DPR-RI untuk mewakili dan memperjuangkan aspirasi para petani, pemuda, dan masyarakat kecil di Kalimantan Tengah, semata-mata untuk perubahan dan perbaikan," ujar Bambang Purwanto menyampaikan motivasinya maju sebagai Caleg DPR-RI.

Demikianlah sekilas profil Bambang Purwanto. Sosok berpendidikan tinggi yang berpengalaman di pemerintahan, merakyat, dan sederhana.

PENDIDIKAN
- SD, SDN 6 Kedaung Bendo, 1968.
- SMP, Sekolah Teknologi Negeri I
Pacitan, 1971.
- SMA, STM Taman Siswa Taman
Karyamadya Teknik, 1974.
- S1, Ilmu Transmigrasi Universitas
Gadjah Mada, 1990.
- S2, Ilmu Hukum Universitas
Islam Sultan Agung, 2013.

PENGHARGAAN
- Juara Terbaik I Pemilihan UPT.
1994.
Teladan Harapan III, 1994.
• Satyalancana Karya Satya X
Tahun, 2006.
• Satyalancana Karya Satya X
Tahun, 2015.
• Tokoh Peduli Daerah Teropong
Parlemen Award, 2021.

PENGALAMAN
- Kepala Unit Permukiman Transmigrasi, 1992
- Kepala Seksi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 1999.
- Kepala Subdin Dinas Tenaga Kerja
dan Transmigrasi, 2002.
- Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan
Transmigrasi, 2008.
- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan
Transmigrasi, 2009.
- Wakil Bupati Kotawaringin Barat,
2012.
- Bupati Kotawaringin Barat, 2015.
- Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, 2019.

(Didik L. Pambudi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani