Linda Megawati, Politisi Senior yang Berusia Muda


Meski tergolong berusia muda, Linda Megawati SE., M.Si adalah politisi senior di Indonesia. Linda telah tiga periode berturut-turut menjadi Anggota DPR-RI.

Linda adalah Anggota DPR-RI Periode 2009-2014; 2014-2019; dan 2019-2024. Ia mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Barat (meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang).

Linda dilahirkan di Kabupaten Subang, 13 Maret 1979. Artinya, saat pertama kali terpilih sebagai Anggota DPR-RI, ia masih berusia 30 tahun.

Linda yang sudah tertarik ke dunia politik sejak awal reformasi, masuk Partai Demokrat karena kekagumannya pada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Baginya, SBY, sang penggagas pendirian Demokrat, adalah seorang negarawan berkelas internasional sehingga harus dijadikan panutan.


Linda mengawali karier politik di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat sebagai Staf BAPILU, tahun 2007-2009.

Tahun 2012, Linda tercatat sebagai  fungsionaris di Departemen Pemberdayaan Aparatur Negara, DPP Partai Demokrat.

Di masa kepemimpinan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (2015-2020), Linda dipercaya sebagai Sekretaris Departemen Perbankan DPP Partai Demokrat.

Kini, di masa kepemimpinan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (2020-2025), Linda ditugaskan menjadi Kepala Departemen IV di DPP Partai Demokrat. Departemen ini membidangi persoalan perindustrian, perdagangan, dan investasi.


Linda adalah politisi yang tergolong berprestasi gemilang. Selain sudah duduk sebagai Anggota DPR-RI di usia 30 tahun, Linda Megawati adalah perempuan asli Subang pertama yang berhasil melenggang ke Senayan.

Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Linda. Kehadirannya di Senayan dinilai sebagai sinyal baik bagi warga Subang, terlebih bagi kaum perempuan.

Saat ini, Linda Megawati menjadi anggota Komisi IX DPR-RI yang mempunyai ruang lingkup tugas di bidang: Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Mitra atau pasangan kerja Komisi IX DPR-RI antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Ketenagakerjaan.


Linda juga tercatat sebagai Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) di DPR-RI.

BKSAP adalah Alat Kelengkapan Dewan yang dibentuk untuk menjadi ujung tombak diplomasi parlemen. BKSAP berfungsi membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR-RI dan parlemen negara lain, baik secara bilateral maupun multilateral.

Dalam tugasnya sebagai Anggota BKSAP DPR-RI, Linda Megawati ikut berperan mengikat persaudaraan antar bangsa, termasuk dengan menggunakan pendekatan seni dan budaya.

Terkait beragam tugasnya sebagai Anggota DPR-RI, Linda menjelaskan, jabatan adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkannya di dunia dan akhirat.

Karenanya, Linda tidak pernah mau mengumbar janji kepada masyarakat di saat pencalonan sebagai Anggota DPR-RI. Yang terpenting bagi Linda, tetap mendahulukan kepentingan masyarakat di atas kepentingan golongan apalagi pribadinya.


Kini, keberadaannya sebagai anggota DPR-RI dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Linda untuk kepentingan masyarakat.

Sebagai contoh bentuk perhatiannya pada masyarakat, Linda kerap mengucurkan berbagai bantuan untuk masyarakat. Di antaranya, pemberian bantuan pengobatan gratis, pembangunan sanitasi berupa pengadaan sarana air bersih dan pembangunan pembuangan limbah, pembangunan sarana mck (mandi, cuci, kakus) untuk masyarakat umum di Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang.

Hal itu dilakukan Linda semata-mata untuk membantu masyarakat dan meringankan beban dari kebiasaan mengangkut air dari sumber yang jauh menjadi berada di rumah sendiri.

Juga menghilangkan kebiasaan buang air besar sembarangan, seperti di sungai atau tempat terbuka.

Linda juga sangat cepat tanggap terhadap berbagai bencana yang menimpa masyarakat. Ia selalu hadir memberikan bantuan terhadap masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam berupa banjir, longsor, hingga wabah covid19.


Kelangkaan bahan makanan pokok di kalangan masyarakat pun selalu menjadi perhatian Linda Megawati. Bahkan ia kerap mendistribusikan bantuan sembako langsung ke masyarakat.

Linda pun sangat perhatian pada pengembangan UMKM. Ia selalu mengawasi agar penyaluran kredit bagi pelaku UMKM diberikan kemudahan. Linda juga memfasilitasi pengurusan legalitas badan hukum berbagai UMKM masyarakat sehingga semakin berdaya.

Sebagai sosok yang telah terjun memperjuangkan demokrasi di masa awal reformasi, Linda menegaskan Indonesia adalah negara demokrasi yang mengakui dan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Tak heran ia sangat menjunjung tinggi empat konsensus kebangsaan atau empat pilar MPR-RI yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Kini, Linda Megawati kembali maju untuk ke-4 kalinya sebagai Calon Anggota DPR-RI dari Dapil Jabar IX. Ia berharap bisa terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat di dapilnya dan Indonesia pada umumnya.

"Mudah-mudahan saya bisa semakin maksimal memperjuangkan kesejahteraan rakyat jika kembali dipercaya sebagai Anggota DPR-RI," Linda Megawati menyampaikan harapannya.

(Didik L. Pambudi; referensi: website DPR-RI, lindamegawati.com)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani