Anggota DPRD Jepara M. Latifun Masuk Demokrat karena Kagum pada SBY

Anggota DPRD Jepara; Ketua Partai Demokrat Jepara M. Latifun, S.Sn, S.T, M.T. 

M. Latifun, S.Sn, S.T, M.T. adalah Anggota DPRD Kabupaten Jepara periode 2019-2024. Ia juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Jepara Periode 2021-2026.

Kedekatan Latifun dengan dunia organisasi dan perpolitikan dimulai dari masuknya ia ke Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), organisasi kemahasiswaan yang berdiri 17 April 1960 di Surabaya. Pendirian PMII dimotori kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU).

Di PMII, Latifun menerima tempaan mental dari para seniornya. Kelak, Latifun memahami kekuatan mental adalah satu hal paling berharga menapaki dunia perpolitikan.

Matang dalam kehidupan sebagai aktivis, Latifun akhirnya terjun ke politik praktis dengan masuk menjadi Anggota Partai Demokrat di Kabupaten Jepara.

Latifun yang ingin lebih mengabdikan diri kepada masyarakat memilih masuk ke Partai Demokrat karena kagum dengan sikap kenegarawanan penggagas pendirian Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat itu menjadi Presiden ke-6 RI.

Ketua FOBM (Federasi Olahraga Balap Motor) Jepara M. Latifun dan para atlet balap motor Jepara. (Tribun Jepara)

Bagi Latifun, SBY adalah sosok yang harus dijadikan suri teladan (pantas ditiru kebaikannya). Jika seseorang politisi belajar banyak ke SBY, ia akan bisa berprilaku baik, beretika, dan menjunjung tinggi moralitas. SBY adalah politisi dengan kematangan berpikir, berbicara dan berperilaku.

Di bawah kepemimpinan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Latifun mendapat kepercayaan sebagai Ketua Partai Demokrat Kabupaten Jepara. Ia pun kemudian memutuskan maju sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten Jepara periode 2019-2024 pada Pemilu Serentak 2019.

Di bawah kepemimpinan dan arahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang ditunjuk sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Dan Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Latifun berhasil duduk di DPRD Kabupaten Jepara.

Strategi dan kiat Latifun sehingga terpilih sebagai Anggota DPRD Jepara adalah terus berkomunikasi baik dengan masyarakat. Ia juga turun langsung ke masyarakat berusaha memberikan berbagai solusi terhadap beragam permasalahan masyarakat. Jika masyarakat membutuhkan bantuannya, Latifun pun berusaha semaksimal mungkin untuk membantunya. Latifun berprinsip, seorang politisi harus memiliki sikap rela berkorban untuk kepentingan masyarakat.

Di bawah kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, M Latifun kembali mendapat kepercayaan menjadi Ketua Partai Demokrat Kabupaten Jepara Periode 2022-2026.  Sebelumnya, M Latifun secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Demokrat Kabupaten Jepara. Seluruh Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) se-Kabupaten Jepara, yang memiliki hak suara, memilih kembali M. Latifun untuk melanjutkan kepemimpinan Partai Demokrat di Kabupaten Jepara.

Anggota DPRD Jepara M Latifun memberikan bantuan mobil pengangkut sampah kepada masyarakat kelompok pengelola sampah di Desa Sinanggul Jepara. (Liputan7)


Terhadap kepercayaan yang diberikan AHY dan Demokrat, Latifun mengatakan, siap menjalankan tugas sebaik-baiknya untuk semakin membesarkan dan menjayakan Partai Demokrat di Kabupaten Jepara.

Sebagai kader Demokrat, Latifun banyak terinspirasi pada AHY. Baginya, AHY adalah politisi muda yang mampu menggemakan kalimat "muda adalah kekuatan". AHY juga menunjukkan sikap sportif dan mawas diri untuk tidak terbang jika menang dan tidak patah jika kalah. AHY mengajarkan untuk berupaya semaksimal mungkin dalam berusaha, akan tetapi ikhlas pada ketetapan yang digariskan Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Kuasa. AHY mengajak para kader untuk selalu siap menerima apa pun ketentuan Allah SWT. Sikap AHY tersebut semakin mematangkan pemahaman perpolitikan M Latifun.

Saat ini, M Latifun (yang tinggal di Desa Sinanggul, Mlonggo, Jepara) kembali mempersiapkan diri semaksimalnya sebagai caleg di DPRD Kabupaten Jepara. Ia mencalonkan diri dari Dapil Jepara 2 (10 kursi) meliputi Kecamatan Mlonggo, Bangsri dan Pakisaji.

Keinginannya untuk kembali mengabdi sebagai Anggota DPRD Kabupaten Jepara dikarenakan masih banyak hal yang harus ia perjuangkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Latifun menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang perpolitikan perlu ditingkatkan oleh semua komponen bangsa. Edukasi mengenai perpolitikan pada masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab para politisi tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Anggota DPRD Jepara M Latifun dan Anggota DPRD Jateng Helmy Turmudhi saat peresmian jalan di Desa Sinanggul (sigapnews.co.id).

Latifun mengutip kalimat Bertolt Brecht (penyair Jerman) yang mengatakan "Buta yang terburuk adalah buta politik. Orang yang buta politik tidak mendengar, tidak berbicara, dan tidak berpartisipasi dalam peristiwa politik. Mereka tidak tahu bahwa biaya hidup dan kebutuhan lainnya tergantung pada keputusan politik".

Latifun menegaskan, kita harus berusaha agar masyarakat peduli pada politik, tidak buta perpolitikan dan tidak mengabaikan perpolitikan.

Masyarakat tidak boleh menganggap politik itu kotor karena semua hal yang terkait dengan kesejahteraan rakyat pada awalnya terjadi karena keputusan atau kebijakan politik.

Masyarakat harus paham, baik atau tidaknya kebijakan politik tergantung dari sikap politisinya. Masyarakat harus memperjuangkan aspirasi melalui politisi yang diyakininya.

Ketua Partai Demokrat Jepara M. Latifun SSn, ST, MT bersama Pengurus PAC Partai Demokrat se-Jepara (SuaraBaru.id)

DATA PRIBADI:
Nama Lengkap: M. Latifun, S.Sn, S.T, M.T.
Tempat Tanggal Lahir: Cilacap, 30 Januari 1980
Istri: Ainun Hidayah, S.Pd.I
Anak:
Nailatul Muna Najihah
Maharani Marjuwwi
Savina El Jalalah
Abdullah Muhammad Maliki

RIWAYAT PENDIDIKAN :
S-2 Magister teknik Sipil Unissula Semarang
S-1 Teknik Sipil Unisfat Demak
S-1 Teknik Design STTDNU Jepara
D-3 AKademi Teknik Industri kayu Jepara.
SMK Dr. Soetomo, Cilacap
SMP Ya Bakii, Cilacap
MI Ya Bakii, Cilacap

RIWAYAT PEKERJAAN:
-Konsultan Perencana Ahli Teknik Design CV. Mangun Ajib Design
-Ahli Teknik CV. Waras
-Direktur CV. Damish Kontraktor
-Asesor AKBU LPJK Jawa Tengah
-Dosen Teknik Sipil Unisnu Jepara
-Ahli Teknik di PT Damish Dinamis Utomo

ORGANISASI:
Wakil Bendahara PCNU Jepara
Wakil Ketua Kadin Jepara
Ketua FOBM Jepara***

(Didik L. Pambudi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani