H. Chairul Yaqin Hidayat, S.A.P. Berpolitik karena Terinspirasi Buyutnya, H.O.S. Tjokroaminoto

Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat H. Chairul Yaqin Hidayat, S.A.P. 

H. Chairul Yaqin Hidayat, S.A.P. (akrab disapa Ruli Hidayat) adalah Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat.

Saat ini, Chairul Yaqin Hidayat tengah mencalonkan diri sebagai Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat dengan nomor urut kedua di Dapil Jabar I (meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi).

Chairul yang berdomisili di Kota Bandung, dilahirkan pada tanggal 29 Januari 1971.

Ayahnya, Ir. H. Mohamad Suleman Hidayat adalah Menteri Perindustrian 2009-2014. Ibunya, Almh Nuraini Mahdiati Tjokroaminoto adalah putri Oetarjo Anwar Tjokroaminoto (Menteri Sosial ke-10) dan cucu H.O.S Tjokroaminoto, pahlawan nasional, yang dikenal luas sebagai "Guru Bangsa". Artinya, Chairul adalah cicit langsung atau ahli waris dari H.O.S. Tjokroaminoto.

Chairul Yaqin Hidayat menikah dengan Titiek Nurria, S.I. Kom. Mereka memiliki lima anak, yang akrab disapa Fia, Nadine, Tiara, Kla dan Raaif.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Chairul Yaqin Hidayat

Chairul menamatkan pendidikan dasar di SD Merdeka 5 Bandung. Ia melanjutkan di SMP negeri 5 Bandung. Seterusnya Chairul sekolah di SMA negeri 5 Bandung.

Selulus SMA, Chairul melanjutkan pendidikan di Business studies, Victoria University, Melbourne. Setelahnya, Chairul meraih gelar Sarjana Administrasi Publik (S.A.P) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan, Bandung.

Selulus kuliah, Chairul mendirikan dan mengelola PT Puteraco Indah yang bergerak di bidang pembangunan pemukiman dan perumahan.

Hal yang paling membahagiakan sekaligus mengharukan bagi Chairul, selama pengalaman membangun pemukiman dan perumahan, perusahaannya telah membangun rumah-rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Chairul merasa bahagia dapat turut andil dalam membangun masa depan masyarakat untuk hidup di kawasan yang sehat. Saat ini, sudah lebih dari 2000 unit rumah-rumah sederhana yang dibangun PT Puteraco Indah di Jawa Barat.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan istri tercintanya Annisa Pohan Yudhoyono bersama Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Chairul Yaqin Hidayat dan istri tercintanya Titiek Nurria

Aktivitas lainnya, Chairul adalah komisaris di Radio Mara, radio siaran swasta di Bandung yang menempati frekwensi 106.7 FM.

Radio Mara adalah radio dengan pendengar terbanyak di Kota Bandung di segmentasi pendengar dewasa muda (rentang usia 20-49 tahun).

Chairul yang menyenangi bisnis kuliner juga mendirikan dan mengelola "Lokalima" yang konsepnya menggabungkan cafe dan working space. 

Lokalima berlokasi di Jalan Dipati Ukur 5, Bandung.

Para start up business anak-anak muda dapat berkantor, membangun jaringan bisnis serta berkolaborasi di sana.

Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Chairul Yaqin Hidayat kerap mengunjungi kediaman warga yang membutuhkan bantuan 

Lokalima juga kerap dijadikan meeting point para kaum muda sembari menikmati hidangan dan live music.

Seperti kata pepatah, "buah tidaka kan jatuh jauh dari pohonnya", Chairul akhirnya terjun pada ladang pengabdian politik. Chairul terinspirasi dari eyang buyutnya H.O.S. Tjokroaminoto, dan ayahnya, M.S. Hidayat.

Chairul memutuskan bergabung dengan Partai Demokrat pada tahun 2015. Ia tertarik pada pemikiran Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), penggagas pendirian Partai Demokrat.

Chairul kagum pada sikap SBY yang pro-rakyat dan pandangannya terhadap perkembangan demokrasi Indonesia.

Chairul juga telah menyaksikan kerja nyata Pemerintahan SBY dan Partai Demokrat. SBY melalui four track strategy (pro growth, pro poor, pro job dan pro environment) telah sukses memajukan Indonesia dalam sepuluh tahun pemerintahannya.

Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Chairul Yaqin Hidayat memang tak berjarak dengan masyarakat, ia bahkan kerap makan bersama warga

Terbukti indeks demokrasi Indonesia membaik, persepsi pemberantasan korupsi membaik, perekonomian tumbuh, kemiskinan dan pengangguran turun signifikan.

Dalam pandangan Chairul, Partai Demokrat telah teruji dan terbukti membangun negeri.

Pada tahun 2018, pasangan Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat (Ruli Hidayat) maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. Pasangan ini didukung Partai Demokrat. Hanya sayangnya, pasangan Nurul-Ruli gagal terpilih. 

Pada tahun 2020, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mempercayakan Chairul Yaqin Hidayat menjabat Wakil Bendahara Umum di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) periode 2020-2025.

Selain aktif di Partai Demokrat, Chairul pun aktif di berbagai organisasi.

Chairul Yaqin Hidayat adalah Wakil Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kota Bandung periode 2021-2026.

Di sela kesibukannya, Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat Chairul Yaqin Hidayat bersama rekan-rekannya 
kerap bermusik di panggung pertunjukan

Sebagai musisi yang karya-karya musiknya tersedia di platform streaming musik "Ruli Hidayat", Chairul didaulat menjadi Ketua Umum FOMPI (Forum Musisi & Penyanyi) Jawa Barat.

Chairul yang menunaikan ibadah haji di tahun 2008 juga aktif sebagai alumnus Haji Safari Suci Bandung.

Selain itu, Chairul tercatat sebagai Anggota REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat, Anggota Bandung Music Council (BMC), serta pernah memimpin Yukitanari Dance Company, dan Wannabe Impresario.

Terkait majunya sebagai Calon Anggota DPR-RI dari Dapil Jabar I, Chairul Yaqin Hidayat mengatakan, "Sebagai orang yang tumbuh besar di dataran Sunda, saya ingin sekali melihat para pelaku UMKM di Kota Bandung dan Kota Cimahi naik kelas. Harga bahan pokok dikendalikan dengan baik oleh pemerintahnya, fasilitas kesehatan maupun pendidikan yang setara untuk semua dan juga penciptaan lapangan kerja menjadi fokus utama pemerintah. Saya dan semua warga juga ingin Bandung kembali menjadi Kota Kembang, bukan kota yang lalulintasnya macet, berantakan dan penuh sampah."

Itulah sekilas sosok Chairul Yaqin Hidayat atau Ruli Hidayat yang multitalenta.

Chairul Yaqin Hidayat adalah politisi, enterpreneur, dan musisi. Ia juga memahami seluk beluk radio, pod & video broadcaster, serta event organizer, dan showbiz.***

(Didik L. Pambudi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani