Hj. Melani Leimena Suharli, Anggota DPR-RI Tiga Periode dan Putri Pahlawan Nasional

Anggota DPR-RI Hj. Melani Leimena Suharli 

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa itu berlaku bagi Melani Leimena Suharli.

Melani adalah putri kandung dari Pahlawan Nasional Dr. Johannes Leimena. J Leimena juga tercatat sebagai Wakil Perdana Menteri (setara Wakil Presiden) 1957-1966. Hal fenomenal, J Leimena adalah menteri yang menjabat paling lama selama pemerintahan Presiden Soekarno, dengan total masa jabatan hampir 20 tahun. J Leimena duduk dalam 18 kabinet yang berbeda, dimulai dari Kabinet Sjahrir II (1946) sampai Kabinet Dwikora III (1966).

J Leimena mewariskan darah politik yang kental pada putri kandungnya Melani Leimena Suharli. Terbukti, Melani Leimena Suharli adalah politisi senior tanah air yang menjadi Anggota DPR-RI tiga periode berturut-turut. Melani terpilih sebagai Anggota DPR-RI periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024.

Meski merupakan putri kandung J Leimena dan tentu akrab dengan kehidupan politik, tetapi Melani baru terjun ke politik praktis di tahun 2001.

Sebelum masuk ke dunia politik, Melani Suharli adalah seorang pengusaha pemilik biro perjalanan yang aktif di organisasi Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Sebelum bergabung bersama Partai Demokrat, Melani Suharli lebih aktif di dunia bisnis. 

Anggota DPR-RI Melani Leimena Suharli dan putranya, Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad J Suharli foto bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi istri tercintanya, Annisa Pohan Yudhoyono.

Awal Melani terjun ke politik dimulai tahun 2000. Ketika itu, Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan (Menko Polsoskam) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono berangkat haji ke Mekkah menggunakan biro perjalanan milik Melani dan suaminya, KH Muhammad Suharli. SBY dan Bu Ani pun langsung didampingi Suharli dan Melani.

Setelah berangkat haji bersama, keluarga Suharli dan Keluarga Yudhoyono menjalin persahabatan erat.

Ketika SBY mendirikan Partai Demokrat di 2001, ia mengajak Melani bergabung. Melani menyetujui dan masuk ke Partai Demokrat. 

Setelah bergabung dengan Partai Demokrat, Melani diangkat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat di tahun 2005.

Di tahun 2006, Melani Suharli menjadi bagian dari Dewan Pembina Partai Demokrat yang diketuai SBY. 

Anggota DPR-RI Melani Leimena Suharli dan suami tercintanya, KH M Suharli foto bersama dengan anak mantu dan cucu mereka.
 
Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2009, Melani maju sebagai Caleg DPR-RI dari dapil DKI Jakarta II (meliputi  Jakarta Pusat; Jakarta Selatan dan Luar Negeri). Melani berhasil terpilih sebagai Anggota DPR-RI.

Melani kemudian diangkat sebagai Wakil Ketua MPR RI bersama Taufik Kiemas sebagai Ketua. 

Ketotalannya berpolitik membuat Melani kembali menjadi Anggota DPR-RI untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Kunci keberhasilan Melani adalah ia selalu mengingat pesan SBY bahwa kader Partai Demokrat harus selalu mengutamakan kepentingan rakyat, mendengarkan aspirasi rakyat, dan terus melakukan konsolidasi dan penguatan organisasi Partai Demokrat. 

Kesemuanya dilakukan agar Demokrat bisa meraih cita-cita mewujudkan kesejahteraan rakyat. Para kader Demokrat berkewajiban menunjukkan keberpihakan pada kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa. Para kader Demokrat wajib mengawal berbagai kebijakan serta mengkritisinya bila kurang tepat bagi bangsa dan negara.

Anggota DPR-RI Melani Leimena Suharli menyerahkan trophy dan hadiah kepada kesebelasan Raden Saleh Football Club dalam ajang sepak bola yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Melani juga memberikan dana pembinaan untuk memajukan persepakbolaan.

Melani menegaskan mandat sebagai Anggota DPR-RI yang telah diberikan rakyat kepadanya, ia jaga dan tunaikan dengan sungguh-sungguh. Ia berusaha selalu mendengarkan aspirasi serta kehendak masyarakat. 

Melani menyadari faktor kedekatan dan konsistensinya memperjuangkan aspirasi  masyarakat, menjadi kunci utama hingga sehingga ia mendapat kepercayaan menjadi Anggota DPR-RI tiga periode berturut-turut.

Saat ini, Melani kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR-RI melalui Pemilu Serentak 2024. Ia kembali maju dari Dapil Jakarta II.

Melani berharap di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat maka partainya bisa kembali mengulang kejayaan seperti saat memenangkan Pemilu di 2009.

Melani meyakini, meski tidak mudah, hal tersebut bisa diraih dengan kerja keras; tetap kompak; menjunjung semangat kekeluargaan; dan selalu menunjukkan keberpihakan kepada rakyat di mana pun para kader berada. 

Anggota DPR-RI Melani Leimena Suharli dan putranya, Anggota DPRD DKI Jakarta, Ali Muhammad Johan Suharli sangat peduli pada kemajuan UMKM, termasuk memberikan bantuan modal untuk Nasi Ulam Bang Dawam di Cipulir

Sebagai seorang istri dan ibu tiga anak, Melani juga sukses dalam mewujudkan keluarga bahagia.

Melani memiliki filosofi sederhana untuk mewujudkannya yakni berprinsip saling menghargai satu sama lain dan tetap melakukan komunikasi secara intens. Misalnya suami harus menghargai isteri, begitu juga sebaliknya. Orangtua harus menghargai pendapat anak-anaknya dan anak-anak juga harus menghargai orangtuanya.

Lewat filosofinya tersebut, ketiga anaknya tergolong sukses.

Anak pertamanya, Suhandana Cakrawijaya adalah perwira menengah berpangkat komisaris besar di Polri. 

Putra keduanya Ali Muhammad Johan adalah Anggota DPRD DKI Jakarta (periode 2019-2024). Ali  juga kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta (periode 2024-2029) pada Pemilu mendatang.

Perhatian besar Anggota DPR-RI Melani Leimena Suharli termasuk dengan memberikan kursi roda kepada penyandang disabilitas di Yayasan Chessire Jakarta Selatan

Putri bungsunya, Lendra Kraton Purnawa Dewi bekerja dan menetap (bersama suami dan anaknya) di Sydney, Australia.

Melani menyampaikan komunikasi adalah satu hal terpenting dalam keluarga dan kehidupan. Apalagi, saat ini, teknologi sudah sangat canggih sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga meski berjauhan. 

Ada telepon seluler, WhatsApp hingga berbagai platform digital yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Lewat komunikasi intens itulah ketiga anaknya berhasil mewujudkan cita-cita mereka.

DATA PRIBADI

Nama: Hj. Melani Leimena Suharli

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 27 Januari 1951

RIWAYAT PENDIDIKAN

SD , SDN Cikini I. Tahun: - 1963

SMP , SMPN Cikini I. Tahun: - 1966

SMA , SMA PSKD. Tahun: - 1969

S1 Ilmu Administrasi Negara, STIA YAPPAN. Tahun: - 2007

RIWAYAT PEKERJAAN

Anggota DPR-RI & MPR-RI Periode 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024

Wakil Ketua MPR-RI 2009-2014

RIWAYAT ORGANISASI

Wakil Ketua Dewan Penasehat Kadin DKI Jakarta 2019-2024

Dewan Pertimbangan HIPPI 2016-2021

Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia 2015-2020

Penasehat Dekopin 2014-2019

Wakil Ketua Dewan Penasehat Kadin DKI 2013-2018

Sekjen Inkowapi 2002-2004

Sekjen DPP Iwapi 2002-2007

Ketua Iwapi DKI Jakarta 1998-2002***

(Didik L. Pambudi; sebagian data disarikan dari Tribunnews; Kompas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani