Caleg DPRD Sumut Abdul Rasyid Berjuang untuk Terjaminnya Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat

Sekretaris Departemen V DPP Partai Demokrat H. Abdul Rasyid, S.T., M.E.

H. Abdul Rasyid, S.T., M.E. adalah kader Partai Demokrat. Ia menjabat Sekretaris Departemen V DPP Partai Demokrat Periode 2020-2025.

Kini, di Pemilu 2024, Abdul Rasyid maju sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Sumatra Utara Periode 2024-2029. Ia menitikberatkan perjuangannya pada dua hal: masyarakat harus mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak.

Abdul Rasyid dilahirkan di Kota Medan, Sumatra Utara, 25 April 1969.

Ia adalah alumnus SMA Negeri I (SMANSA) Medan. Sebuah sekolah favorit di kota berjulukan Paris Van Sumatra tersebut.

Sekretaris Departemen V DPP-PD Abdul Rasyid bersama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Abdul Rasyid meraih gelar Sarjana Teknik dari Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU). Merasa belum cukup, Abdul Rasyid kuliah S-2 dan meraih gelar Magister Ekonomi dari Universitas Jambi (UNJA).

Abdul Rasyid dikenal sebagai aktivis reformasi, sudah berorganisasi sejak kuliah di USU. Ia pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa USU.

Saat ini, selain aktif di Partai Demokrat, Abdul Rasyid juga aktif di berbagai organisasi. Ia, antara lain, pernah menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni USU Jabodetabek Periode 2018-2023.

Abdul Rasyid pernah bekerja sebagai Staf Khusus Menteri Perekonomian (2009-2014). Sebelumnya, Abdul Rasyid pernah bertugas di KPUD Provinsi Jambi (2003-2008).

Almarhumah Ibu Yudhoyono sangat memperhatikan para kader Demokrat seperti saat langsung membenarkan pemakaian baret pada Abdul Rasyid 

Abdul Rasyid menikah dengan Dwita Nevitriani, S.Sos. Mereka memiliki anak semata wayang yang diberi nama Munira Khansa Huwaida. Kini, Abdul Rasyid dan keluarga kecilnya tinggal di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat.

Abdul Rasyid tertarik melangkah di dunia politik karena baginya dunia politik adalah wadah bagi kita semua untuk mengabdi. Memahami politik jugalah jalan agar kita mampu mengubah nasib bangsa menuju arah lebih baik.

Meskipun, sebagai aktivis reformasi,  Abdul Rasyid banyak mendapat tawaran bergabung dengan berbagai parpol besar, tetapi ia pada akhirnya memilih bergabung bersama Partai Demokrat. Alasannya, Partai Demokrat memiliki ìdeologi nasionalis religius. Partai Demokrat juga sudah terbukti sungguh-sungguh memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di saat berkuasa selama satu dekade (2004-2014).

Hal lain yang membuat Abdul Rasyid bergabung ke Partai Demokrat adalah kekagumannya pada sosok Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga menggagas pendirian Partai Demokrat.

Sekretaris Departemen V DPP-PD Abdul Rasyid bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Di pandangan Abdul Rasyid, SBY adalah sosok negarawan yang memiliki rekam jejak mulia selama menjadi Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dua periode (2004-2009 dan 2009-2014).

Di Partai Demokrat, Abdul Rasyid mendapat kepercayaan penuh sebagai Sekretaris Departemen V DPP Partai Demokrat dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Atas kepercayaan itu, Abdul Rasyid menyampaikan rasa terima kasih kepada AHY. Abdul Rasyid juga siap menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Bagi Abdul Rasyid, sosok AHY adalah patriot dan individu pilihan yang langka.  AHY adalah politisi dengan segudang prestasi luar biasa. AHY adalah terbaik dari yang terbaik sejak masa remaja. AHY adalah figur yang layak dijadikan teladan bagi rakyat negeri ini.

Menjelang Pemilu Serentak 2024, Abdul Rasyid memutuskan untuk maju sebagai sebagai Caleg DPRD Provinsi Sumatra Utara di Dapil Medan B. Dapil tersebut meliputi Kecamatan Medan Sunggal, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Baru, Medan Petisah dan Medan Selayang.

Sekretaris Departemen V DPP-PD Abdul Rasyid kerap mendampingi aktivitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 

Abdul Rasyid memutuskan maju dari dapil Medan B karena ia memang lahir dan besar di Medan. Abdul Rasyid bahkan menempuh pendidikan dasar hingga meraih sarjana dari negeri berjulukan kota pedagang tersebut. Sejarah itulah yang membuat Abdul Rasyid memiliki keinginan besar untuk mengabdi dan membangun tanah kelahirannya.

Sebagai calon Anggota DPRD Provinsi Sumatra Utara, Abdul Rasyid, pada intinya, ingin memperjuangkan dua hal yang teramat penting bagi seluruh masyarakat yakni jaminan pendidikan dan kesehatan. Abdul Rasyid juga akan memperjuangkan agar rakyat mendapatkan akses seluas-luasnya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Abdul Rasyid mengharapkan perpolitikan tanah air ke depan fokus pada tujuan terbangunnya masyarakat adil makmur.

Abdul Rasyid meyakini, masyarakat Indonesia yang adil makmur bisa dicapai jikalau pengelolaan negara berjalan dengan baik. Indonesia ini adalah negara yang kaya raya.

Sekretaris Departemen V DPP-PD Abdul Rasyid S14P memenangkan Prabowo dan Demokrat di tanah kelahirannya, Medan, Sumatra Utara

Abdul Rasyid mencontohkan, Sumatra Utara kaya akan sumber daya alam semisal gas alam, minyak bumi, alumunium hingga hasil tambang lainnya. Sumatra Utara juga daerah yang tinggi produksi pertanian dan perkebunannya.

Hanya, seluruh kekayaan tersebut membutuhkan pemimpin dan wakil rakyat yang benar-benar mengetahui potensi negerinya. Pemimpin dan para wakil rakyat tersebut juga harus benar-benar mencurahkan perhatian dan bekerja sepenuhnya bag kemakmuran rakyat.

Demikian sekilas profil Abdul Rasyid. Sosok yang kini mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatra Utara periode 2024-2029.***

(Didik L. Pambudi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani