H. Anton Sukartono Suratto MSi, Anggota DPR-RI yang Musisi

Anggota DPR-RI, Ketua Partai Demokrat Jabar, H. Anton Sukartono Suratto, BBA, MSi

H. Anton Sukartono Suratto, B.B.A., M.Si. (akrab disapa Kang Anton) adalah politisi senior dari Partai Demokrat yang telah tiga periode berturut-turut menjabat sebagai anggota DPR-RI. Anton Suratto menjadi Anggota DPR-RI periode 2009-2014, 2014–2019 dan 2019–2024.

Anton Suratto mewakili daerah pemilihan Jawa Barat V pada tiga periode masa jabatannya di DPR-RI. Dapil Jabar V untuk DPR-RI meliputi Kabupaten Bogor.

Pada Pemilu Serentak 2024, Anton Suratto kembali maju sebagai Calon Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat. Tetap dari Dapil Jabar V.

Di struktur partai, Anton Suratto mendapat kepercayaan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat periode 2022-2027.

Foto kenangan kedekatan Anggota DPR-RI Anton Suratto dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ibu Negara ke-6 almarhumah Ani Yudhoyono, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas Yudhoyono).

Anton Suratto lahir di kota kembang, Bandung 15 Maret 1974.

Ayahnya, Marsekal Pertama TNI (Purn) Suratto Siswodihardjo yang juga ketua Yayasan Puri Cikeas.

Pendidikan Anton berpindah-pindah seiring tugas ayahnya di TNI. Dimulai dari SD Merdeka 5 Bandung (1981-1985). Di kelas VI, Anton pindah ke SD Angkasa 7 Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hal ini dikarenakan ayahnya ditugaskan ke Jakarta. Anton lulus dari SD Angkasa di tahun 1986.

Anton kemudian melanjutkan pendidikan di SMP St Antonius II (1986-1989). Selanjutnya ke SMA Fons Vitae I Marsudirini, Jakarta (1989-1992).

Anton meraih gelar Bachelor of Business Administration atau B.B.A. (setara S-1) dari Downling College di New York, Amerika Serikat. Gelar S-2 Magister Sains (M.Si) diraihnya dari Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Anggota DPR-RI Anton Suratto pada acara pameran lukisan di Karawang 

Selulus kuliah, Anton sempat bekerja sebagai Account Officer di Lippo Finansial cab Bursa Efek Jakarta (1998-2000) hingga sebagai Komisaris fi di PT. Syaka Putra Trasindo (2007-2009).

Anton memulai kariernya sebagai politisi setelah terpilih sebagai Anggota DPR-RI pada 2009.

Di Senayan Anton sempat masuk komisi yang membidangi pertanian (Komisi IV), infrastruktur dan perhubungan (Komisi V), pendidikan, olahraga, dan pariwisata (Komisi X). Anton juga sempat bertugas di Komisi VI yang membidangi industri, investasi, persaingan usaha. Langkah politik Anton semakin paripurna karena ia juga pernah bertugas di Komisi VII, membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup.

Saat ini, Anton Suratto bertugas di Komisi I DPR-RI yang mempunyai ruang lingkup tugas di bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen. Mitra kerja Komisi I DPR-RI antara lain: Kemenhan, Kemenlu, Kemenkominfo, TNI, BIN, BSSN, Lemsaneg, Lemhannas, Wantannas, KPI, KI Pusat, LPP TVRI, Bakamla, LSF, LKBN Antara, perusahan pers dan lain-lain.

Selain pernah bertugas di 6 (dari 11) komisi, Anton juga pernah bertugas di berbagai Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR-RI.

Ketua Partai Demokrat Jabar Anton Suratto saat mendampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Srikandi Demokrat Annisa Pohan Yudhoyono memenangkan pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 

Anton pernah bertugas di Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Badan Anggaran (Banggar), Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), hingga Badan Musyarawah (Bamus) DPR-RI.

Kepemimpinan Anton Suratto juga sudah sangat teruji karena ia pernah menjadi Pimpinan Komisi V dan Pimpinan Komisi I DPR-RI.

Di Partai Demokrat, Anton pernah menjabat Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat dan Bendahara Fraksi Demokrat di DPR-RI.

Anton tercatat pernah jadi pengurus Gerakan Pro-SBY (GPS), yang didirikan Suratto Siswodihardjo. GPS adalah tim sukses SBY pada Pilpres 2009.

Anton juga lama berkiprah dalam kepengurusan Partai Demokrat DKI Jakarta.

Anggota Komisi I DPR-RI Anton Suratto dalam kunjungan kerja spesifik di Universitas Pertahanan RI

Sebelum menjadi Ketua Partai Demokrat Jabar, Anton adalah Ketua Partai Demokrat Kabupaten Bogor.

Pengalaman organisasi Anton terbilang lengkap. Selain di FKPPI, Anton pernah menjabat ketua umum Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Amerika Serikat atau Permias cabang New York pada 1996.

Anton juga tergabung dalam Asosiasi Ahli Manajemen Proyek Indonesia (2005-2015) dan Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (2000-2015).

Sebagai Ketua Partai Demokrat Jabar, Anton Suratto mendapat tugas dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memenangkan Partai Demokrat di Jabar pada Pemilu Serentak 2024. Anton Suratto juga harus memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di provinsi yang dijuluki Tatar Sunda tersebut.

Di luar kesibukannya sebagai politisi, Anton Suratto juga seorang musisi profesional. Ia memang tidak sekadar hobi bermain musik, tetapi benar-benar menjadikan musik sebagai bagian kehidupannya.

Di laman IG-nya Anton Suratto mengakui musik memang seperti nyawa ke dua baginya. Musik adalah pemecah kebuntuan serta pelebur keheningan bagi Anton Suratto.

Ketua Partai Demokrat Jabar, yang juga Anggota DPR-RI, Anton Suratto dalam pelantikan DPAC Partai Demokrat se-Cianju

Kedalamannya bermusik bahkan membuat Anton Suratto menciptakan banyak lagu. Diantara yang populer adalah lagu berjudul "Persahabatan". Lagu tersebut diciptakan Anton Suratto bersama kedua rekannya Dendi M Yasin dan Arna Sandhi.

Lagu, yang sesuai judulnya, bertema persahabatan tersebut menjadi bukti kesungguhan cinta Anton Suratto pada dunia musik.

Menyambut Pemilu Serentak 2024, Anton Suratto menunjukkan ketotalannya memenangkan Partai Demokrat dan Prabowo-Gibran dengan menciptakan lagu berjudul 'Yo Ayo Prabowo Gibran". Lagu tersebut dinyanyikan Anton Suratto dan band yang didirikannya "Anton In The Sky Band".

Demikianlah sekilas profil Anton Suratto, Anggota DPR-RI tiga periode dari Partai Demokrat.

Riwayat pendidikan
-S2 Magister Sains (M.Si.) Universitas Krisnadwipayana
-S1 Marketing, Downling College (USA). Tahun: 1995-1997
-SMA Fons Vitae I Marsudirini, Jakarta. Tahun: 1989-1992
-SMP St. Antonius II, Jakarta. Tahun: 1986-1989
-SD Angkasa 7 Halim Perdanakusuma, Jakarta, 1985-1986
-SD Merdeka 5 Bandung, 1981-1985

Riwayat Pekerjaan:
-Anggota DPR-RI 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024.
-PT. Syaka Putra Trasindo, Sebagai: Komisaris. 2007-2009
-Mitra Timur Sejahtera, Sebagai: Marketing Director. 2004-2006
-Prosys Bangun Persada, Sebagai: Business Development Manager. 2002-2004
-Carsurin Intrapola Cargo, Sebagai: Marketing Manager. 2000-2002
-Mitra Usaha Sarana, Sebagai: Chief Transportation. 2000-2002
-Lippo Finansial cab Bursa Efek Jakarta, Sebagai: Account Officer. 1998-2000***

(Didik L. Pambudi, referensi: wawancara, wartarancagecom, website DPR-RI)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani