Caleg DPR-RI Harun Sulkam, Aktivis dan Pengacara yang Selalu Membela Rakyat

 Caleg DPR-RI dari Partai Demokrat Harun Sulkam, S.H., M.H. 

Harun Sulkam, S.H., M.H. adalah Anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai Demokrat. Saat ini, Harun Sulkam mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPR-RI dari Dapil (Daerah Pemilihan) Jawa Timur VI.

Dapil Jatim VI meliputi Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Kediri.

Tidak banyak yang tahu, Harun Sulkam adalah satu tokoh reformasi nasional di tahun 1998. Hal ini disebabkan ia, saat itu, dikenal dengan nama Aam S. Nama yang hingga hari ini melekat di dirinya.

Harun Sulkam masuk Partai Demokrat sejak tahun 2004. Ia masuk ke Partai Demokrat karena kekaguman pada penggagas pendirian Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat itu mencalonkan diri sebagai Presiden RI ke-6.

Bersama dua aktivis reformasi lainnya, Andi Arief dan Heri Sebayang, Harun Sulkam mendirikan komunitas yang diberi nama di "Jaringan Nusantara" atau disingkat JN pada tahun 2004. Ini adalah wadah bagi para aktivis dan intelektual muda bergabung mendukung pasangan SBY-JK. Di JN, Harun Sulkam didaulat sebagai ketua umum.

Harun Sulkam pernah bertugas sebagai Komisaris di sebuah BUMN Jabatan itu dipegangnya sejak tahun 2004 hingga 2014.

Kini Harun Sulkam berprofesi sebagai pengacara di Jakarta. Sebagai aktivis dan pengacara, Harun Sulkam dikenal concern membela kepentingan rakyat.

Harun Sulkam memutuskan maju sebagai Anggota DPR-RI karena baginya seorang politisi harus benar-benar berjuang maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Caranya ya masuk dalam sistem ketatanegaraan yang ada. Menjadi Anggota Legislatif atau Eksekutif. Baik tingkat nasional maupun lokal. 

Caleg DPR-RI Harun Sulkam bersama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Harun Sulkam maju dari Dapil Jatim VI karena ia mengenal dengan sangat baik daerah tersebut. Sebagai aktivis, Harun Sulkam memang kerap mengunjungi banyak daerah di Indonesia. Apalagi pada tahun 2019, Harun Sulkam juga maju dari Dapil Jatim VI. Saat itu, Harun Sulkam menjadi kader Demokrat dengan perolehan suara tertinggi. 

Total suara Partai Demokrat mencapai 94 ribu. Harun Sulkam, kader Demokrat yang meraih suara terbanyak, memperoleh 29.600 suara. Meski perolehan suara Demokrat tergolong sangat besar tetapi Harun Sulkam gagal lolos ke Senayan.

Mewujudkan perjuangan agar bisa lolos ke DPR-RI periode 2024-2029, Harun Sulkam bekerja keras nyaris sepanjang hari. Ia berbilang tahun terus bekerja di dapilnya. Bahkan kini, ia berada di dapilnya selama berbulan-bulan. Hampir tak pernah pulang ke kediamannya di Jakarta.

Di dapilnya, Harun Sulkam merasa bersyukur karena disambut baik dan masyarakat yang kesemuanya ramah.

Harun Sulkam fokus memaparkan kepada masyarakat bahwa Partai Demokrat mempunyai 14 program unggulan. Di antaranya menyejahterakan rakyat, juga membantu para petani agar mudah untuk mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau. 

Kemudian pendidikan murah seperti era kepemimpinan SBY, dan fasilitas kesehatan berobat gratis bagi masyarakat kurang mampu, serta berbagai program yang intinya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Harun Sulkam juga merasa bahagia bisa berada di tengah masyarakat. Apalagi ini merupakan tindakan nyata yang selalu diamanatkan oleh Pak SBY kepada Harun Sulkam serta seluruh caleg Partai Demokrat.

"Pak SBY selalu berpesan agar saya dan seluruh caleg dari Demokrat untuk turun ke bawah dan tidak ragu menyapa rakyat," Harun Sulkam menyampaikan.

Caleg DPR-RI Harun Sulkam bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Harun Sulkam mengatakan, dengan semangat yang tinggi serta  dukungan masyarakat, ia yakin bisa terpilih sebagai Anggota DPR-RI.

Harun Sulkam menegaskan, jika ia terpilih sebagai Anggota DPR-RI maka ia bisa membela masyarakat teraniaya dengan maksimal.

Di akhir pernyataan, Harun Sulkam memastikan, ia tidak ingin menjanjikan banyak hal muluk tetapi pada satu hal besar, Harun Sulkam berani menjanjikannya.

"Saya berjanji akan menjalankan amanah Pak SBY: membawa dan memperjuangkan aspirasi masyarakat bawah demi kemakmuran bersama," ujar Harun Sulkam.

Saat Harun Sulkam berkunjung dan bersilaturahmi dengan masyarakat di Desa Babadan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, pertengahan Januari 2024, Harun Sulkam juga  mengatakan hal senada.

Jika terpilih sebagai Anggota DPR-RI maka ia bisa semakin meningkatkan membela rakyat kecil yang teraniaya. 

Saat ini, meski dikenal luas sebagai sosok yang memiliki kepedulian tinggi pada rakyat kecil, daya juang Harun Sulkam tidak bisa maksimal. 

Caleg DPR-RI Harun Sulkam menggelar turnamen olahraga rakyat, voli, di Desa Babadan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung

Beda hal jika ia sudah duduk di kursi DPR-RI yang bisa maksimal menggunakan otoritasnya sebagai pengawas kinerja aparatur negara sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara. Tentu selain menjalankan tugas lain di bidang legislasi dan anggaran.

Harun Sulkam berbulan-bulan berada di dapilnya karena ingin lebih akrab dengan masyarakat. Sehingga bisa lebih saling mengenal dan saling menyayangi sebagai keluarga. 

Kedatangan Harun Sulkam juga untuk membangkitkan olahraga rakyat. Karenanya pada kesempatan itu, Harun Sulkam didampingi Pengurus Harian Partai Demokrat Kabupaten Tulungagung Solikin membuka turnamen bola voli.

Turnamen bola voli tersebut diikuti 18 klub bola voli laki-laki dan perempuan se-wilayah Dapil V dan Dapil VI. Dilaksanakan selama 10 hari.

Solikin menjelaskan, turnamen digelar untuk memasyarakatkan olahraga bola voli, sekaligus menyukseskan pencalonan Harun Sulkam sebagai Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Demokrat di Dapil VI Jatim.

"Kami meminta dukungan masyarakat Desa Babatan, agar Pak Harun Sulkam terpilih menjadi anggota DPR RI di Pemilu 2024," ujarnya.

Solikin juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga acaranya berjalan lancar dan sukses.

Solikin berharap Harun Sulkam sukses terpilih sebagai Anggota DPR-RI serta semakin dekat di hati masyarakat.

(Didik L. Pambudi; referensi: wawancara; memorandumcoid)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani