Mujiyono, Ketua Demokrat Jakarta yang Tiga Periode di DPRD

Ketua Partai Demokrat DKI Jakarta; Anggota DPRD DKI Jakarta Mujiyono 

Mujiyono (akrab disapa MJN) adalah politisi senior yang menjadi Ketua Partai Demokrat DKI Jakarta periode 2021-2026. Mujiyono juga Anggota DPRD DKI Jakarta, tiga periode berturut-turut.

Mujiyono, yang mengawali karier sebagai auditor, terpilih sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024.

Kini, Mujiyono kembali maju sebagai Calon Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029. Mujiyono maju dari Dapil Kota Jakarta Timur B meliputi Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Jatinegara, dan Kecamatan Kramatjati.

Mujiyono lahir di kecamatan Wonogiri, 20 Januari 1968. Sebuah kota kecil tandus yang menjadi ibu kota Kabupaten Wonogiri. Kecamatan Wonogiri terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono (MJN) saat pelantikan serentak Pengurus Cabang Demokrat se-Jakarta.

Mujiyono adalah putra dari seorang petani bernama Mulyo Suwito dan seorang ibu bernama Hj Tumini.

Pada tahun 1995, Mujiyono (saat itu masih berprofesi sebagai auditor) menikah dengan Rosleny. Mereka dikaruniai sepasang buah hati yang diberi nama Gardenia Putri Pengesti dan Fauzan Ario Pambudi.

Nama Mujiyono mulai dikenal luas, khususnya oleh masyarakat Jakarta Timur, sejak mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) FAKTA 889, sebuah lembaga yang bergerak dibidang sosial, kesehatan dan kemanusiaan. LSM FAKTA 889 beranggotakan lebih dari 1000 orang, tersebar di Jakarta Timur.

Mujiyono mulai terjun ke politik praktis setelah terlibat aktif pada berbagai kegiatan politik bersama Partai Demokrat. Ia juga bergabung dalam SBY Fans Club dan membantu Tim Sekoci untuk memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pilpres 2004.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, didampingi Annisa Pohan, dan Ketua Partai Demokrat Jakarta Mujiyono saat pelantikan serentak Pengurus Cabang Demokrat se-Jakarta.

Nama Mujiyono semakin dikenal publik ketika mencalonkan diri dan terpilih sebagai Anggota Legislatif DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Partai Demokrat. Kerja kerasnya membuat hasil maksimal, Mujiyono mendapat kepercayaan rakyat sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta melalui Pemilu Legislatif tahun 2009, 2014, dan 2019.

Sejak menjadi Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Mujiyono mendirikan "Rumah Aspirasi Mujiyono", sebuah wadah untuk menampung aspirasi masyarakat di Jakarta Timur.

Saat ini, Mujiyono bertugas sebagai Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta. Komisi A membidangi pemerintahan yang meliputi pemerintahan umum, kepegawaian/aparatur, ketentraman dan ketertiban, hukum/perundang-undangan, perizinan, pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana, kesatuan bangsa dan politik, organisasi dan tata laksana, kepala daerah dan kerjasama luar negeri, tata pemerintahan, perlindungan masyarakat, pendidikan dan pelatihan pegawai, kewilayahan, komunikasi, informatika dan kehumasan.

Di struktural Partai Demokrat, Mujiyono mendapat kepercayaan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta periode 2021-2026 dari DPP Partai Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Suasana pelantikan serentak Pengurus Cabang Demokrat se-Jakarta yang dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, didampingi Annisa Pohan, dan Ketua Partai Demokrat Jakarta Mujiyono.

Sebelum memimpin Partai Demokrat, Mujiyono pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Jakarta Timur. Kemudian dia dipercaya menjadi Sekretaris Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. Selanjutnya Mujiyono menjadi Ketua BPOKK Partai Demokrat DKI Jakarta.

AHY memilih Mujiyono sebagai Ketua Partai Demokrat DKI Jakarta karena Mujiyono dinilai sebagai kader yang paling cocok untuk memimpin Partai Demokrat DKI menghadapi Pemilu 2024.

Penetapan Mujiyono sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta periode 2021-2026 setelah melewati Musyawarah Daerah (Musda) V pada Desember 2021.

Atas kepercayaan AHY, Mujiyono memastikan akan bekerja cerdas dalam merebut kemenangan Pemilu 2024 mendatang. Saat ini mesin Demokrat DKI Jakarta terus bekerja dengan bahan bakar yang penuh.

Berbagai Pembekalan dan Pengarahan pada Caleg DPRD DKI Jakarta yang digelar Partai Demokrat Jakarta, dipimpin ketuanya Mujiyono.


"Bismillah. Partai Demokrat DKI Jakarta siap bekerja keras dan bekerja cerdas guna merebut kemenangan bersama pada Pemilu 2024 sesuai dengan visi misi yang saya sampaikan pada fit and proper test lalu di hadapan mas Ketum AHY," ujar Mujiyono saat pelantikannya.

Mujiyono mengharapkan seluruh kader Partai Demokrat DKI Jakarta bekerja dengan kecepatan tinggi. Mujiyono telah menyalakan mesin partai dan menyiapkan bahan bakar penuh untuk bisa meraih kemenangan bersama 2024.

Mujiyono juga meminta semua kader agar menghormati senior dan pimpinan dengan sikap baik, santun dan bersahaja seperti prinsip: mikul dhuwur mendem jero.

Partai Demokrat DKI Jakarta juga makin konsisten berkoalisi dengan rakyat serta menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintahan, partai politik lain dan institusi lain. Demokrat DKI melakukan kritik membangun untuk kebaikan masyarakat luas.

Anggota DPRD Jakarta yang juga Ketua Partai Demokrat Jakarta Mujiyono rutin melakukan silaturahmi menjalin kebersamaan dengan masyarakat.

Menghadapi Pemilu 2024, secara khusus, Mujiyono memerintahkan para caleg dari Partai Demokrat DKI Jakarta bekerja keras mendekati rakyat. Para caleg harus menggandeng struktur pengurus Partai Demokrat dari tingkat ranting hingga DPD untuk menggenjot suara Demokrat di ibu kota.

Ranting Partai Demokrat se-Jakarta adalah ujung tombak mesin partai di lingkungan masyarakat. Karenanya, para caleg Partai Demokrat harus saling bahu membahu meski bersaing dalam satu dapil. Para caleg dan tim suksesnya bekerja lebih keras agar bisa meraih hati, pikiran dan suara rakyat.

Partai Demokrat memiliki sejarah positif karena pernah menjadi pemenang di Jakarta pada Pemilu 2009. Sejarah itu mesti menjadi semangat bagi seluruh mesin partai untuk kembali mewujudkan kemenangan bersama pada Pemilu 2024.

Mujiyono menargetkan Demokrat Jakarta meraih 20 kursi DPRD. Target tersebut naik 100 persen dari raihan Demokrat Jakarta sebanyak 10 kursi DPRD.

Anggota DPRD Jakarta yang juga Ketua Partai Demokrat Jakarta Mujiyono rutin melakukan silaturahmi menjalin kebersamaan dengan masyarakat.

Meski begitu, Mujiyono meyakini target tersebut bisa diraih jika para kader memiliki dedikasi dan semangat yang sama untuk memenangkan hati, pikiran dan suara rakyat.

Tentu termasuk memenangkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di DKI Jakarta.***

(Didik L. Pambudi, referensi: wawancara, website Demokrat DKI, tempoco, tirtoid, mediaindonesiacom)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani