Babak Baru Cawagub Sumsel Cik Ujang

Cawagub Sumsel; Bupati Lahat (2018-2023) Cik Ujang, S.H.

Babak baru perjalanan politik Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumsel  Cik Ujang, S.H. dimulai Selasa malam, 11 Juni 2024.

Cik Ujang (yang juga Ketua Partai Demokrat Sumsel) dan pasangannya, Calon Gubernur (Cagub) Sumsel H. Herman Deru, S.H., M.M. menerima rekomendasi untuk mengikuti Pilgub Sumsel dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Bagi pasangan Herman Deru (Gubernur Sumsel 2018-2023) dan Cik Ujang (Bupati Lahat 2018-2023) rekomendasi yang diberikan Partai Demokrat menggenapkan langkah mereka untuk melaju mulus mengikuti Pilgub Sumsel 2024. Hal ini dikarenakan, sebelumnya, pasangan Herman Deru-Cik Ujang (HD-CU) telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Nasdem untuk mengikuti Pilgub Sumsel 2024.

Berdasarkan UU Pilkada, raihan suara atau kursi hasil pemilihan legislatif 2024 yang dijadikan acuan pengusungan calon kepala daerah di Pilkada 2024.

Syarat calon diusung partai politik adalah minimal 25 perolehan suara sah atau 20 persen kursi DPRD di tingkat kabupaten kota atau provinsi.

Partai Demokrat meraih 8 kursi dan Partai Nasdem meraih 10 kursi dari 75 kursi DPRD Sumsel. Gabungan kursi Demokrat dan Nasdem sudah cukup untuk mengusung pasangan HD-CU di Pilkada Sumsel 2024. Sebab syarat maju dalam Pilkada Sumsel harus didukung sedikitnya 20 persen (15 kursi) DPRD Sumsel.

Dalam penyerahan surat rekomendasi tersebut, AHY didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya; Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi A. Mallarangeng; Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio; dan Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief.

Saat memberikan rekomendasi, AHY mengatakan, rekomendasi mengusung pasangan HD-CU dilakukan secara bertahap di internal Partai Demokrat hingga ke Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

AHY mengatakan, Demokrat tidak mengkhawatirkan track tecord Herman Deru yang merupakan  Gubernur Sumsel 2018-2023.

AHY juga meyakini kemampuan Cik Ujang yang berpengalaman sebagai Bupati Langkat dan memimpin Demokrat Sumsel. Apalagi Cik Ujang telah mengikuti kaderisasi dari tingkat bawah.

AHY melihat, pasangan HD-CU  adalah representasi secara geografi dan demografi Sumsel. Satu mewakili bagian timur, satu mewakili bagian barat dari Provinsi Sumsel.

Usai menerima rekomendasi maju sebagai Cawagub Sumsel di Pilkada 2024, Cik Ujang menyampaikan perasaan bahagianya di Taman Politik DPP Partai Demokrat.

Cik Ujang merasa berbunga-bunga dan senang sekali karena AHY menyempatkan diri menyerahkan langsung rekomendasi kepada pasangan HD-CU. Cik Ujang menyadari, hal itu dilakukan di tengah kesibukan AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Karenanya, Cik Ujang memastikan ia akan segera memaksimalkan arahan dan pembinaan kepada tim pemenangan pasangan HD-CU yang telah dibentuk. Tim pemenangan akan menyosialisasikan program dan profil pasangan HD-CU di seluruh kabupaten/kota, hingga kecamatan dan desa se-Sumsel.

Sosialisasi itu berjalan seiring dengan menyosialisasikan para kader Demokrat yang maju di berbagai pilkada kabupaten/kota se-Sumsel.  Sebagai Ketua Demokrat Sumsel, Cik Ujang memang menanamkan pada para kader se-Sumsel untuk terus bersatu dan kompak demi kejayaan Partai Demokrat.

Hj. Lidyawati Cik Ujang, S.Hut., M.M. (istri Cik Ujang) juga menyampaikan rasa bahagia atas rekomendasi yang diberikan Partai Demokrat kepada suaminya.

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat periode 2018-2023 tersebut menyampaikan rasa syukur karena rekomendasi diberikan tanpa hambatan.

Lidyawati, Bakal Calon Bupati Lahat, mendoakan semoga pasangan HD-CU bisa terpilih pada Pilkada Sumsel 2024. Sehingga pembangunan di Sumsel bisa dilanjutkan dengan baik.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan rekomendasi Herman Deru dan Cik Ujang maju di Pilgub Sumsel 2024 (Tajuk Politik)

Biodata Cik Ujang

Cik Ujang dilahirkan di Desa Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat pada 2 Mei 1968.

Cik Ujang merupakan anak dari pasangan H. Menawi dan Hj. Ciknap. H. Menawi pernah menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Lahat.

Cik Ujang menikah dengan Lidyawati. Mereka dikaruniai tiga buah hati.

Cik Ujang memulai pendidikan dasar di SD Negeri 12 Ulak Pandan Lahat (1977-1983).

Pendidikan menengah pertama ditempuhnya di SMP N 5 Lahat (1983-1986) dan pendidikan menengah atas dijalaninya di SMAN 2 Lahat (1986-1989).

Cik Ujang meraih gelar Sarjana Hukum (S.H.) setelah menyelesaikan kuliah di Universitas Sjakhyakirti Palembang (2009–2013).

Cik Ujang merintis karier semula sebagai pengusaha. Ia adalah Komisaris PT Ayik Batu Gung (2009–2018) dan Komisaris CV Ayik Batu Gung (2009–2018).

Setelah merasa cukup matang dalam perpolitikan, Cik Ujang mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 dan terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Lahat (2009–2014) dari Partai Demokrat. Pada Pileg 2014, Cik Ujang kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Lahat (2014–2018).

Ia kemudian mundur dari DPRD Lahat untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Lahat 2018.

Pilihannya tepat, Cik Ujang terpilih sebagai Bupati Lahat (2018–2023).

Menjelang Pilkada Sumsel 2024, Cik Ujang menyambut baik ajakan Herman Deru untuk berpasangan di Pilgub Sumsel 2024.

Cik Ujang juga tercatat sebagai kader Demokrat yang merintis karier dari bawah.

Atas kerja kerasnya, Cik Ujang dipercaya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Lahat (2017–2022).

Atas kinerja Cik Ujang memajukan Demokrat Lahat, AHY dan Partai Demokrat memilih Cik Ujang sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (2021-2026).

(Antara/Inilah/TajukPolitik/Wikipedia/dik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani