Willem Wandik: Pembangunan Jalan Jayapura-Wamena Belum Maksimal


Jakarta:
Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat Willem Wandik menegaskan jalan poros yang menghubungkan Jayapura dengan Wamena belum maksimal pembangunannya hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Willem Wandik dalam rapat kerja Komisi V DPR-RI dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Gedung DPR-RI, Kamis (6/6/2024).

Willem Wandik memang menyoroti pemekaran provinsi yang bersentuhan langsung dengan infrastruktur dasar. Baik terkait jalan umum, perumahan, hingga air bersih.

Selain jalan penghubung Jayapura-Wamena yang belum maksimal pembangunannya, jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten juga belum tersentuh dengan baik. 

Willem mencontohkan pembangunan ruas jalan Kabupaten Wamena, Kabupaten Tolikara, hingga Kabupaten Puncak Jaya yang hingga saat ini belum terlaksana. Padahal ruas-ruas jalan tersebut harus segera terealisasi pembangunannya karena merupakan ruas jalan nasional.

Willem berharap Menteri PUPR dan dirjen terkait menaruh perhatian besar atas persoalan ini.

Willem Wandik juga menyampaikan beberapa catatan terkait rencana kerja pemerintah dan kebijakan fiskal tahun 2025 tentang akselerasi dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

Willem menyoroti pagu indikatif Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2025 yang turun sekitar 49,5 persen (nyaris 50 persen) dari alokasi pada periode tahun 2024. Anggaran 2025 sebesar Rp75,63 triliun turun dari Rp149,74 triliun pada Anggaran 2024.

Bagi Willem Wandik, anggaran untuk Kementerian PUPR harus diperjuangkan karena kinerja kementerian ini termasuk yang tertinggi. Willem mengharapkan DPR-RI dan pemerintah memperjuangkan persoalan ini.

(dik)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani