Arief Wismansyah dan Poros Ketiga Pilkada Banten

Dr. Ir. H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes. (Bacagub Banten; Wali Kota Tangerang 2013-2023; Wakil Wali Kota Tangerang 2008-2013)

Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Demikian halnya dalam Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten di 2024.

Dr. Ir. H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes. (Wali Kota Tangerang 2013-2023; Wakil Wali Kota Tangerang 2008-2013), kini tampak siap maju sebagai Calon Gubernur Banten.

Arief Wismansyah (kader Partai Demokrat) dan Ahmad Syauqi (kader PKB yang juga putra Wapres Ma'ruf Amin) bisa saja berpasangan untuk maju di Pilkada Banten 2024.

Jika terwujud, pasangan ini bisa dipandang sebagai poros ketiga di Pilkada Banten 2024.

Sebelumnya, Partai Gerindra secara resmi mengusung duet Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai Bakal Cagub dan Cawagub Pilkada Banten 2024. Pasangan ini didukung Partai NasDem, PSI, PAN dan PKS.

Partai Golkar pun telah menyatakan siap mengusung Airin Rachmi Diany  sebagai Bakal Cagub Banten. Majunya Airin bisa dipandang sebagai poros kedua, meski belum jelas Golkar akan berkoalisi dengan parpol apa di Pilkada Banten.

Golkar meraih 14 kursi DPRD Banten di Pemilu 2024. Harus berkoalisi jika ingin memajukan kadernya di Pilkada Banten.

Syarat untuk maju sebagai Cagub-Cawagub Banten setidaknya mendapatkan dukungan 20 kursi (20 persen) dari 100 kursi DPRD Banten periode 2024-2029.

Partai Demokrat mendapatkan 11 kursi dan PKB meraih 10 kursi DPRD Banten dalam Pemilu Serentak 2024. Gabungan 21 kursi yang dimiliki kedua parpol tersebut cukup untuk mengusung pasangan Arief Wismansyah dan Ahmad Syauqi pada pilkada mendatang.

Arief Wismansyah dan keluarga 

Tentu saja Arief Wismansyah sangat memahami hal itu.

Arief bahkan telah menemui Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Alfian Mallarangeng, terkait niatnya maju di Pilkada Banten.

Arief berterus-terang, dalam pertemuan dengan Ma'ruf Amin, orang kedua di negara ini mendukung dirinya maju pada Pilkada Banten 2024.

Dukungan tersebut memberi pengaruh besar pada Arief untuk secara total memantapkan diri berkompetisi pada Pilkada Banten 2024.

Arief Wismansyah secara terbuka menyampaikan, ia telah diundang oleh Wapres Ma'ruf Amin untuk silaturahmi dan terkait niat Arief maju di Pilkada Banten.

Saat itu, Ma'ruf Amin dengan tegas menanyakan apakah Arief yakin bisa menang di Pilkada Banten? Jika yakin menang, Arief didukung penuh untuk maju. Jika tidak yakin, Arief diminta membatalkan niatnya.

Mendengar pernyataan Ma'ruf Amin dan meyakini bisa memenangkan kompetisi, Arief Wismansyah berbulat tekad untuk maju di Pilkada Banten 2024.

Pertemuan Arief Wismansyah dan Ma'ruf Amin tentu terkait pula dengan keinginan Ahmad Syauqi atau Gus Syauqi (putra Ma'ruf Amin) maju di Pilkada Banten.

Gus Syauqi adalah satu Ketua DPP PKB, Bidang Kebudayaan dan Masyarakat Adat. Gus Syauqi dikenal sebagai pembina Ponpes An Nawawi Tanara Serang. Ponpes tersebut didirikan oleh Ma'ruf Amin pada 2001.

Jika kedua pasangan ini terwujud, tentu menjadi pasangan yang saling melengkapi. Kemampuan tata kelola pemerintahan Arief Wismansyah selama 15 tahun akan semakin dilengkapi Gus Syauqi yang sangat memahami kereligiusan dan  kebudayaan masyarakat Banten.

Arief tentu pula terus mengkonsolidasikan diri dengan partainya, Demokrat.

Pada 4 Juli 2024, di laman IG-nya, Arief Wismansyah memposting pertemuannya dengan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Ketua Satgas Pemenangan Pilkada Demokrat Andi Alfian Mallarangeng.

"Terima kasih saran dan masukannya untuk saya, semoga apa yang menjadi cita-cita bersama dapat terwujud," Arief menulis di IG-nya terkait pertemuan tersebut.

Kalimat "cita-cita bersama" tentulah bisa bermakna, partai nasionalis-religius yang berpandangan majemuk tersebut berkeinginan penuh agar Banten bisa dipimpin satu kader terbaiknya, Arief Wismansyah.

Sekilas tentang Arief Wismansyah

Arief Wismansyah lahir di Tangerang, Banten, 23 April 1977.

Ia adalah putra pasangan H. Marsudi Haryoputro dan Siti Rochayah yang berasal dari Kebumen.

Arief menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 6 Tangerang (1983–1989). Ia kemudian sekolah di SMP Negeri 1 Tangerang (1989-1992) dan  SMA Negeri 8 Jakarta (1992–1995).

Selulus SMA, Arief melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat (AS). Ia meraih gelar sarjananya di  Western Michigan University, AS (1996–2000).

Di AS, Arief Wismansyah dipercaya menjadi Presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika (Permias).

Sepulang ke Indonesia, Arief meraih gelar magister dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2006).

Puncaknya, Arief Wismansyah berhak atas gelar doktor setelah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Hasanuddin Makassar (2024).

Arief Wismansyah menikah dengan Aini Suci. Mereka dianugerahi empat buah hati.

Sebelum terjun ke politik praktis, Arief Wismansyah menekuni profesi pengusaha. Ia mengurus usaha turun-temurun di keluarganya.

Arief Wismansyah tercatat pernah menjadi Presiden Direktur PT Sari Asih Group, Presiden Direktur PT Sari Asih Aria Cemerlang, Direktur PT Sari Asih Putra Mandiri, Direktur PT Sari Asih Mangun Persada, dan Komisaris Utama PT Sari Arya Putra.


Arief Wismansyah memulai karier politik dengan menjadi Wakil Wali Kota Tangerang periode 2008-2013. Saat itu, Arief Wismansyah tercatat sebagai wakil wali kota termuda se-Indonesia. Ia menjadi wakil dari Wahidin Halim yang terpilih sebagai Wali kota Tangerang. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat.

Pada Pilkada Kota Tangerang 2013, Arief Wismansyah maju sebagai Calon Wali Kota. Ia berpasangan dengan Sachrudin. Mereka diusung Partai Demokrat, PKB, dan Gerindra.

Arief-Sachrudin terpilih sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang dengan meraih 340.810 suara rakyat atau mendapat 48,01 persen. Jauh di atas raihan empat pasangan lainnya.

Arief Wismansyah kembali terpilih sebagai Wali Kota Tangerang periode 2018-2023 melalui Pilkada Kota Tangerang di 2018. Kembali berpasangan dengan Sachrudin, pasangan tersebut meraih 609.428 atau 85,62 suara rakyat. Mereka diusung seluruh parpol yang memiliki kursi di DPRD Kota Tangerang.

Besarnya kepercayaan masyarakat pada kepemimpinan Arief Wismansyah tentu tak lepas dari keberhasilannya membangun Kota Tangerang dalam 15 tahun kepemimpinannya (10 tahun sebagai wali kota dan 5 tahun sebagai wakil wali kota).

Arief Wismansyah menggelari program pembangunannya sebagai "inovasi program di Kota Tangerang".

Capaian 15 tahun pengabdian Arief di Kota Tangerang antara lain:
-Melahirkan Program Pendidikan Gratis
-Membedah 8.141 unit rumah tidak layak huni
-Melahirkan Program Kesehatan Gratis
-Membangun 31 Taman dan 212 Ruang Terbuka Hijau
-Melahirkan Layanan Bus Wisata Gratis
-Membangun 136.767 Lampu PJU di kampung-kampung
-Melahirkan Layanan Mobil Jenazah Gratis
-Melahirkan program beasiswa kuliah untuk warga kurang mampu
-Melahirkan Layanan Mobil Ambulans Gratis
-Memberikan Beasiswa bagi 155.128 Siswa SD/SMP di Kota Tangerang
-Melahirkan Layanan Transportasi Bus dan Angkot yang dikelola Pemerintah (Satu-satunya di Provinsi Banten)

Dalam pengabdian selama menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mendapatkan 298 Penghargaan Nasional & Internasional.


Pengalaman Organisasi

-Ketua OSIS SMP Negeri 1 Tangerang
-Ketua Pramuka SMP Negeri 1 Tangerang
-Ketua Seksi Teknologi & Sound System SMA 8 Jakarta
-Presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika (Permias)
-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)
-Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI)
-Sekretaris Kerukunan Keluarga Muslim BSD TGL
-Ketua Umum Yayasan Bintang Rahmah Tangerang
-Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al-Azhom
-Ketua BNNKT ( Badan Nasional Narkotika Kota Tangerang )
-Ketua Satuan Pelaksana (SATLAK) Penanggulangan Bencana Kota Tangerang
-Ketua Dewan Penasihat Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kota Tangerang
-Ketua Dewan Penasihat FKUB
-Ketua LKS Tripatrit Kota Tangerang
-Ketua RANHAM Kota Tangerang
+Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK)
-Ketua Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Tangerang
-Wakil Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tangerang
-Mustasyar NU Kota Tangerang
-Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Tangerang

(Didik L. Pambudi. Referensi: IG Arief Wismansyah, BantenNews, TribunTangerang, detikcom, Wikipedia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Quick Count Rakata: Demokrat Raih Dua Kursi DPR-RI di Lampung

Jumat Berkah, DPP Partai Demokrat Berikan Surat Tugas kepada H. Syamsudin Uti sebagai Calon Bupati Indragiri Hilir

Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM, Caleg DPR-RI dari Demokrat, Politisi yang Melayani Bukan Dilayani